Minggu, 09 Januari 2011

Kepemimpinan

Ada bermacam-macam [pendapat tentang kepemimpinan , ada yang berpendapat tentang kepemimpinan adalah fungsi leadership , fungsi motivating atau fungsi modeling.

Menurut stoner kepemimpinan adalah sebagai peruses mengarahkan dan mempengaruhi kegiatan yang berhubungan dengan tugas , ada tiga impikasi penting

Pertama. Kepemimpinan melibatkan orang lain(bawahan atau pengikat)

Kedua . kepemimpinan merupkan pembagian kekuasaan yang tidak seimbang di antara para pemimpin dan anggota kelompok.

Ketiga . kepemimpinan di samping dapat mempengaruhi bawahan juga mempunyai pengaruh.

Pendekatan studi kepemimpinan

Untuk mempelajari kepemimpinan menggunakan tiga pendekatan. Pendekatan pertama bahwa kepemimpinan itu tumbuh dari bakat. Kepemimpinan itu tumbuh dari bakat, kepemimpinan tumbuh dari perilaku . ketiga bersandar pada situasi (situasionary perpective).

Pendekatan sifat-sifat kepemimpinan

Untuk mengenali karakteristik atau cirri-ciri pribadi dari para pemimpin , para psikolog. Mengedakan penelitian . mereka berpandangan bahwa pemimpin ini di di lahirkan bukan di buat . secara alamiah bahwa orang yang mempunyai sifat kepemimpinan adalah orang ayng agresif , lebih tegas dan lebih pandai berbicara dengan orang lain serta lebih mampu dan cepat menggambil keputusan yang akurat

Ukuran dalam pencarian cirri-ciri kepemimpinan mengunakan dua pendekatan

1. membandingkan bawahan dengan pemimpin
2. membandingkan cirri pemimpin yang efektif dengan yang tidak efektif.

Membandingkan pemimpin yang efektif dengan yang tidak efektif . pemimpin yang efektif bukan tegantung pada cirri tertentu tapi pada sebera[pa baik cirri pemimpin cocok dengan kebutuhan situasi yang sedang di hapdapinya.

Perilaku pemimpin

Peneliti mengemukakan bahwa yang di lakukan pemimpin yang aktif adalah bagaimana mendelegaikan tugas, berkomunikasi dan memotivasi dengan bawahan dan bagaimana menjalankan tugas dengan sebaiknya

Fungsi-fungsi kepemimpinan

Perilaku pemimpinan mempunyai dua aspek yaitu fungsi kepemimpinan (style leadership). Aspek yang pertama yaitu funsi – fungsi kepemimpinan menekankan pada funsi-fungsi yang dilakukan pemimpin dalam kelompoknya.

Teori x dan teori dari mcgregor

Douglas mcgregor mengemukakan strategi kepemimpinan efektif dengan menggunakan konsep manajemen partisipasi . konsep initerkenal karena menggunakan asumsi –asumsi sifat dasar manusia , pemimpin yang menyukai teori x bergaya kepentingan otoriter dan sebaliknya seseorang pemimpin ynag menyukai teori y lebih cenderung menyukai gaya kepemimpinan demokratif.

Asumsi teori x

1. rata-rata kodrat manusia malas atau tidak menyukai pekerjaan dan akan menghindari bila mungkin
2. rata-rata kodrat manusia lebih menyukai di arahkan, menginginkan di jaminan hidup di atas segalanya , ambisi relative kecil, inginmenghindari tanggung jawab.
3. kateristik manusia dalam menjalankan tugas untuk mencapai organisasi cenderung dipaksa , diawasi , diarahkan atau di ancam dengan hukum



asumsi teori y;

v rata-rata kodrat dalam kondisi layak,belejar tidak hanya untuk menerima tetapi mencari tanggung jawab.

v Penghargaan yang berhubungan dengan prestasi merupakan tujuan

v Potensi intelektual manusia dalam kondisi kehidupan industri di gunakan hanya sebagian

v Penggunaan phisik dan mental merupakan kodrat manusia.

v Pengarahan dalam usaha pencapaian tujuan organisasi tidak hanya dengan cara mengawasi dan mengancam dalam bentuk hukuman. Orang akan melakukan pengedalian diri dan pengarahan diri untuk mencapai tujuan yang telah di tentukan .

v Punya kapsaitas untuk melakukan imajinasi , kecerdikan dan kreaktifitas dalam penyelesaian masalah – masalah organisasi yang tersebut secara luas pada seluruh karyawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar